3 Cara Mudah Agar Anda Bisa Memiliki Gedung Walet Sendiri

Cara Mempunyai Gedung Walet

Dalam budi daya walet, dikenal ada 3 cara agar seseorang dapat memiliki gedung walet. Gedung walet tersebut memang berinvestasi cukup besar sehingga orang yang terjun pada budi daya walet harus tergolong pemodal kuat. Bagaimana tidak, selain investasinya cukup besar, waktu pembudidayaannya pun relatif panjang.

Mengembangkan rumah penduduk menjadi gedung walet
Pada cara ini, peternak, pengusaha, atau investor membeli rumah penduduk yang sudah dihuni burung seriti. Rumah tersebut kemudian dibangun atau dikurung sesuai desain dan konstruksi gedung walet, tetapi harus diperhatikan faktor keamanan dan sosial-lingkungannya. Rumah yang lahannya cukup luas (lebih dari 300 m²) dan terletak di lokasi aman biasanya lebih diminati investor.

Investor pasti tidak akan berminat bila ditawari rumah yang kurang terjamin keamanannya. Cara terbaik untuk mengamankan gedung walet tersebut adalah melakukan kerja sama dengan pemuda (karang taruna) di lingkungan setempat.

Membeli gedung seriti atau walet
Pada cara ini, investor membeli gedung khusus budi daya walet yang sudah berisi puluhan atau ratusan sarang burung seriti. Bahkan ada sebagian investor membeli gedung walet yang sudah memproduksi 1-20 kg sarang walet. Dapat dipastikan harga gedung tersebut mencapai milyaran rupiah. Dengan membeli “gedung jadi” ini maka investor dapat menghitung waktu tercapainya titik impas (BEP/break event point). Investor tersebut pun harus sudah menguasai sistem pemasaran sarang burung di mancanegara.

Membuat gedung walet sendiri
Cara ini dilakukan dengan membangun sarang burung walet sendiri. Hingga saat ini cara tersebut banyak dilakukan, baik yang belum maupun yang sudah memiliki satu atau lebih gedung walet. Gedung dibangun di sekitar gedung-gedung walet, di lintasan walet, atau di sentra walet mencari makanan.

Tentu saja diharapkan gedung tersebut akan segera ditempati seriti atau walet untuk bersarang dan berkembang biak. Memang adakalanya gedung dapat terisi hanya dalam waktu relatif singkat. Namun, ada juga yang hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun walet atau seriti tidak terpancing menghuni gedung walet tersebut.

Itulah 3 cara mudah agar Anda bisa memiliki gedung walet sendiri. Setelah Anda mempunyai gedung atau sarang burung walet sendiri, untuk menarik burung walet lain agar mau bersarang di gedung yang telah Anda buat maka diperlukan kiat-kiat kusus seperti cara berikut “6 Cara Ampuh Agar Burung Walet Mau Bersarang Di Gedung Anda“.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *