Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mengubah Kebiasaan Makan Buruk

Anda mungkin pernah berfikir bahwa Anda dapat mengubah kebiasaan makan yang buruk dalam 21 hari. Apakah Anda sudah mencobanya? Apakah Anda berhasil? Apakah secara ajaib tiba-tiba Anda tidak pernah ingin lagi makan makanan manis-manis di sore hari? Apakah Anda berhasil menghentikan kebiasaan ngemil sebelum tidur? Kemungkinan besar bahwa tidak terjadi perubahan pada kebiasaan makan Anda yang buruk dalam 21 hari. Tapi, Anda bisa mengubah kebiasaan penurunan berat badan Anda dalam waktu yang relatif singkat dan dengan beberapa trik mental Anda dapat mempercepat perubahan ini.

Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mengubah Kebiasaan Makan Buruk

Jika Anda telah lama mengalami kelebihan berat badan, maka mungkin Anda sudah mengetahui seberapa besar hubungan antara masalah tersebut dengan kebiasaan hidup Anda. Kita umat manusia adalah mahluk dengan kebiasaan-kebiasaan. Kita cenderung bangun dan makan pada saat yang sama setiap harinya. Kita melakukan ini secara otomatis dan untuk alasan-alasan yang baik.

Otak manusia menciptakan kebiasaan-kebiasaan karena dengan begitu akan memberikan sisa waktu bagi otak untuk melakukan tugas lainnya. Contohnya, pernahkah Anda pulang ke rumah dengan mengendarai mobil kemudian tiba di rumah lalu memarkir kendaraan di garasi dan Anda tidak ingat perjalanan yang sudah Anda lakukan sebelum tiba di rumah? Ini karena tubuh cenderung berperilaku seperti robot.

Demikian juga dengan kebiasaan makan yang buruk buruk. Pada saat-saat tertentu dalam suatu hari Anda akan mempunyai pikiran yang mengatakan “Saat seperti sekarang ini saya merasa lelah dan waktunya membeli camilan”. Pikiran seperti inilah yang membuat Anda bangkit dari tempat duduk Anda dan mulai merogoh kantong untuk mencari uang recehan untuk membeli camilan tanpa pikir lagi apakah sesungguhnya Anda sedang lapar atau tidak.

Untuk benar-benar mengubah kebiasaan makan yang buruk, Anda memerlukan waktu lebih dari 21 hari dalam menjalankan kebiasaan baru yang baik. Bahkan, dari pengalaman pribadi dan dari pengalaman beberapa klien saya-waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan makan yang buruk adalah 8 bulan lamanya.

Akan tetapi, Anda bisa mengubah kebiasan makan Anda yang buruk dalam waktu yang lebih singkat dengan menggunakan beberapa trik mental berikut ini:

  1. Ketahui Tingkat Rasa Lapar Anda.
    Ini adalah sebuah trik sederhana. Tapi Anda perlu berlatih untuk dapat melakukannya dengan baik. Tugas Anda adalah menanyakan pada diri sendiri , “Seberapa laparkah perut saya?” Lalu beri nilai pada rasa lapar tersebut dalam skala 0 – 10 dimana angka 0 berarti tidak lapar sama sekali. Setelah beberapa hari Anda akan menyadari bahwa “lapar yang sesungguhnya” sangat berbeda dengan “lapar yang palsu” dimana Anda makan karena hal ini menyenangkan bagi Anda.
  2. Gunakan Stopper.
    Satu hal yang umum terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan makan yang buruk adalah orang tersebut tetap makan walaupun sudah kenyang. Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, mulailah menggunakan stopper. Ini adalah tentang mengatakan kepada diri Anda sendiri untuk ‘stop’ atau berhenti sebelum Anda menghabiskan sejumlah makanan yang biasanya Anda makan.
    Contohnya: jika di hadapan Anda ada 10 tusuk sate, maka makanlah hanya separuh dari jumlah tersebut (5 tusuk). Lalu gunakan Stopper, misalnya Anda bisa mengunyah permen karet, atau permen rasa menthol/mint. “Stopper” memungkinkan Anda untuk mengalihkan kebiasaan makan Anda yang buruk dan memberikan kesempatan pada otak untuk menyadari bahwa sesungguhnya tubuh Anda sesungguhnya sudah kenyang.

Lakukan dua trik sederhana yang mudah dan cepat ini untuk mengubah kebiasaan makan Anda yang buruk, dan Anda akan mendapati bahwa berat badan Anda dapat turun secara alami dengan cara ini, tanpa harus melakukan program penurun berat badan atau diet ketat dan olah raga berat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *