VARIABILITAS STRUKTUR YANG TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN SPESIFISITAS ANTIBODI

Bahkan bagian tetap dari ranrai peprida imunoglobulin yang tidak langsung berhubungan dengan pengikatan antigen, menuniukkan heterogenitas yang luas sekali. Hal ini terutama telah dianalisa melalui pengenalan kelompok-kelompok khas pada molekulmolekul dengan menggunakan obat herbal alami kencing manis anrisera khusus yang dibuat pada lain spesies. Misalnya marilah kita perhatikan penelirian pada rantai pendek imunoglobulin manusia.

Rantai pendek

banyak sklSumber bahan pemeriksaan dari manusia yang mudah didapat ialah protein Bence-Jones dari air kemih, yang ditemukan pada sejumlah penderita mieloma. Protein Bence-Jones merupakan suaru dimer rantai pendek yang berasal dari kelompok yang biasa membentuk protein mieloma. Dengan merangsang pembentukan antisera pada kelinci terhadap sejumlah protein Bence-Jones, didapatkan bahwa rantai pendek dapat dibagi dalam dua kelompok (dinamakan kdppd (rc) dan krnbda (1), tergantung pada hasil reaksi dengan anrisera tersebut. Rantai pendek Bence-Jones dari kelompok k akan menghasilkan reaksi presipitin dengan sera anti-K tetapi tidak beraksi dengan sera anti-l. Reaksi paralel selalu dapat diperoleh dengan protein mieloma induk seperti yang dapat diharapkan bila protein itu berasal dari rantai pendek yang dihasilkan oleh satu klon dari sel plasma mieloma (Gambar 2.13).

Reaksi dengan serum normal mengungkapkan adanya molekul dengan ranrai-K dan rantai |\ Rantai-rantai ini terdapat pada molekul-molekul yang berlainan dan kira-kira 65 persen molekul imunoglobulin dalam serum normal adalah dari tipe-k, sisanya merupakan tipe-l. Yang menarik perhatian ialah bahwa protein mieloma tiPe-K terdapat dalam jumlah hampir dua kali lebih banyak dari tipe-|”, sehingga timbul kesan bahwa sel-sel penghasil molekul dengan rantai-l memiliki kemungkinan yang sama untuk menjadi ganas seperti sel-sel penghasil rantai-k. Perbandingan k : tr berbedaā€¯bedapada pelbagai spesies.

Rantai panjang Penelitian sejenis dengan menggunakan antisera terhadap protein normal dan protein mieloma berhasil mengungkapkan adanya lima tipe utama rantai panjang pada manusia, tiap rantai itu menghasilkan satu kelas imunoglobulin tertentu. Imunoglobulin itu ialah IgG, IgA, IgM, IgD, dan IgE (singkatan nama lain yang tidak dipakai lagi ialah xG, xA, xM, xD, dan xE, yang meruPakan contoh dari pandangan sejarah yang salah bahwa semua antibodi terma-, suk dalam golorgan x-globulin).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *