Sebagian besar ahli yang mempelajari resiko radiasi menyatakan bahwa semua keterkenaan tertentu bisa berbahaya

Di negara-negara berkembang, sebagian besar radiasi yang mengionkan berasal dari alam sendiri (sinar kosmos serta bahan-bahan radioaktif di bumi), dan dari sinar X untuk kedokteran/kedokteran gigi. Keterkenaan radioaktif yang ada hubungannya dengan nuklir hanya kecil jumlahnya dalam perbandingan, dan keterkenaan radiasi akibat kebocoran fasilitas-fasilitas tenaga nuklir lebih kecil lagi. Akan tetapi kemungkinan keterkenaan radioaktif yang disebabkan oleh tangan minusia memerlukan perhatian kita. Sementara mereka tak pisa bersepakat mengenai besarnya bahaya yang bisa ditimbulkannya. Manfaat dosis tertentu dari radiasi perlu diseimbangkan dengan resiko-resiko yang ditimbulkannya atas kesehatan. Nilai diagnosa yang teliti dari, katakanlah, kaki yang mungkin patah jelas melampaui kecilnya bahaya dari sinar X yang diterapkan secara tepat.

salahSebaliknya, kita sekarang tahu bahwa sinar X yang mengenai anak obat alami untuk mengobati kencing manis dalam rahim bisa membahayakan. (Menurut Sir Richard Doll, 5 sampai 10 persen dari semua kanker pada anak-anak di Eropa Barat dan Amerika Utara selama tahun 1950-an dan 1960-an mungkin sekali disebabkan oleh sinar X yang mengenai mereka tatkala masih dalam kandungan ibu). Memutuskan apakah mengambil resiko tertentu atau tidak bisa merupakan suatu hal yang penuh ketakpastian. Dalam suatu keputusan yang.kontroversial di tahun 1976, Lembaga Kanker Nasional AS menarik tunjangannya untuk program pendeteksian tumor payu dara yang menggunakan sinar X secara besar-besaran buat pemeriksaan bagi kaum wanita di bawah umur limapuluh tahun.

Kecemasan (yang diperdebatkan) ialah bahwa program pemeriksaan tersebut puluhan tahun nanti kemungkinan akan menimbulkan penderltg kanker payu dara sebanyak yang ditemukan dewasa ini. Di tahun 1964, seorang anggota Komiie Ahli WHO menyatakan “perlunya pengurangan besar-besaran dari penggunaan radiasi untuk kedokterari”. Tapi hingga saat ini, penggunaan radiasi di bidang kedokteran ada kalanya melampaui intensitas yang dibutuhkan. Bahkanpun di negara-negara yang secara teknis lebih maju, banyak orang yang telah mendapatkan sinar X lebih dari apa yang dibutuhkannya baik karena peralatan yang tak baik maupun karena pemakai yang ceroboh, dan sinar X sering digunakan walaupun sesungguhnya tak begitu dibutuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *