Program bantuan demi kemanusiaan ini telah dimanipulasi guna mencapai beberapa hasil sekaligus

Pemerintah AS mengakhiri pembayaran ekspornya yang langsung di tahun 1973, demikian pula prakteknya untuk sama-sama menanggung biaya promosi ekspor dengan para produsen di tahun 1975. Akan tetapi Pemerintah Federal masih membiayai perjalanan para ahli tembakau ke dan dari Amerika Serikat, dan masih membiayai pusat-pusattembakau AS di luar negeri. Barangkali penggunaan obat alami untuk kencing manis yang paling aneh dan sangat perlu dipertanyakan oleh Amerika Serikat adalah dimasukkannya tembakau ke dalam program “Makanan untuk Perdamaian” dari Undang-undang Negara PL 480 menyangkut penjualan hasil-hasil pertanian buat negara-negara yang kekurangan.

blurUntuk melepaskan diri dari penggunaan surplus tembakau dalam-negeri yang tak diinginkan, untuk memperkenalkan tembakau AS kepada bangsa-bangsa asing dengan harapan bisa menciptakan pasaran di masa datang, dan untuk menyediakan bantuan ekonomis kepada pemerintahpemerintah asing yang secara politis di senangi dibawah program PL 480 bernilai sekitar $17 sampai $35 juta per tahun selama dasawarsa yang baru lalu, dan sebagain besar menuju ke daerah-daerah rawan menurut pertimbangan “keamanan nasional” seperti Vietnam Selatan, Kamboja, dan paling akhir Mesir. Mereka yang merancang, mencetak, atau menyiarkan iklan rokokyang mendapatkan keuntungan dari dunia usaha tembakau.

Bukannya menurunkan demam promosi beberapa derajat, larangan atas iklan rokok dalam televisi dan radio di Amerika Serikat dan di beberapa negara lainnya justru menjadi durian runtuh bagi dunia percetakan. Hampir seluruh anggaran periklanan tahunan yang $400 juta dari perusahaan-perusahaan rokok Amerika kini jatuh ke pangkuan majalah dan suratkabar. Seperti yang diutarakan oleh James Fallows, hanya segelintir berkala besar di AS yang telah memisahkan diri dengan menolak menikmati uang ini. Penggerak utama dari dunia usaha tembakau tentu saja adalah ratusan juta perokok itu sendiri. Kekuatan-kekuatan sosial mendorong banyak orang untuk mulai merokok dan menjadi terbiasa dengannya, akan tetapi $85-$100 milyar yang dihabiskan oleh para konsumen untuk rokok tiap tahun itulah yang menunjang produksi dan perdagangan rokok di dunia. Di tengah-tengah dunia penelitian kesehatan-lingkungan yang senantiasa dilanda oleh ambiguitas, jarang sekali terdapat bukti yang disepakati bersama mengenai jalinan antara agen-agen lingkungan tertentu dengan penyakit-penyakit tertentu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *