Penyebab Dan Jenis-Jenis Diabetes

Diabetes melitus tidak hanya dikategorikan ke dalam 1 tipe saja, tapi lebih dari itu. Tipe diabetes yang paling populer kita dengar adalah tipe 1 dan 2. Tetapi, sesungguhnya masih ada tipe diabetes gestasional. Mungkin akan muncul tipe diabetes lainnya seiring dengan penemuan baru dalam dunia kedokteran.

Setiap tipe diabetes yang disebutkan di atas, mempunyai penyebab dan cara penanganan yang berbeda-beda. Sebelum seseorang dinyatakan menderita diabetes, harus terlebih dahulu dideteksi jenis diabetes yang diidap oleh orang tersebut.

Bagaimana diabetes tipe 1 itu?

Diabetes tipe 1 ini dikenal mempunyai penderita yang tidak lebih dari 10 persen penderita diabetes keseluruhan. Diabetes tipe 1 adalah pasien yang benar-benar tergantung pada insulin. Insulin merupakan sebuah hormon yang fungsinya mengangkut gula dari darah ke sel-sel tubuh.

Ketika insulin di dalam tubuh tidak diproduksi, maka harus dilakukan injeksi insulin dari luar tubuh. Dengan demikian, kebutuhan insulin tubuh akan terpenuhi dengan adanya injeksi insulin atau obat alami untuk diabetes. Penderita diabetes tipe 1 harus menyuntik insulin secara berkala, tergantung waktu yang dijadwalkan dokter.

Siapa saja yang bisa menderita diabetes tipe 1?

Diabetes tipe 1 ini bisa diderita oleh setiap kalangan usia. Bayi yang baru lahir maupun orang tua, tidak tertutup kemungkinannya untuk menderita diabetes melitus tipe 1.

Bagaimana diabetes tipe 1 terjadi?

Produsen insulin di dalam tubuh adalah pankreas. Ketika pankreas rusak, maka sel-sel dalam pankreas itu tidak bisa lagi memproduksi insulin. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa diabetes tipe 1 disebabkan oleh kerusakan pankreas.

Secara lebih spesifik, tentu ada faktor-faktor yang menyebabkan pankreas menjadi rusak. Salah satu penyebabnya adalah gangguan imunitas tubuh. Gangguan otoimun ini pada akhirnya dapat menyebabkan pankreas rusak.

Penyebab lainnya adalah karena adanya infeksi virus, faktor genetik atau turunan dan juga keadaan yang berhubungan dengan kegagalan/kekurangan nutrisi (malnutrisi). Malnutrisi ini bisa terjadi pada orang yang melakukan diet tidak tepat.

Berapa jumlah penderita diabetes tipe 1 di Indonesia?

Secara lebih tepat, jumlah penderita diabetes terus mengalami peningkatan. Jumlah penderita diabetes tipe 1 sendiri diperkirakan 2 – 3 % dari keseluruhan penderita diabetes di Indonesia.

Jumlah ini tidak dapat dijadikan patokan pasti. Diperkirakan banyak juga para penderita yang tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes. Dengan demikian, orang-orang tersebut tidak melakukan terapi diabetes.

Beberapa kasus menandakan bahwa penyakit ini benar-benar silent killer. Gejala yang terjadi bisa menyerang secara mendadak. Bahkan, penderita bisa langsung koma jika tidak segera disuntik insulin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *