OPERASI KANKER PAYUDARA PILIHAN ANDA SATU-SATUNYA KAH ?

Diseantero penjuru dunia, berbagai macam teknik pembedahan digunakan untuk merawat kanker payudara. Yang disebut RADIKAL atau HALSTED MASTEKTOMI telah lama digunakan. Dan kini banyak ahli bedah juga menerapkan sistim MASTEKTOM RADIKAL MODIFIKASI. Tindakan tersebut akan kita bahas lebih terperinci, tetapi mari kita alihkan perhatian terlebih dahulu pada anatomi normal dari dada. Pada diagram diatas anda dapat melihat bahwa di payudara ,ada banyak saluran dengan kelenjar getah bening. Kelenjar-kelenjar tersebut, dalam keadaan normal, obat kencing manis kering alami, membantu memerangi dan menindas penyakit. Tetapi bila dimqsuki kanker, dapat ikut menyokong penyebaran penyakit tersebut.

ceweTerdapat tiga (3) mata rantai paling besar kelenjar getah bening.(diurut dengan angka pada diagram diatas) yaitu :

1) di axilla atau ketiak lengan

2) diluar dinding dada, diantara otot-otot pektoral dan menuju keatas hingga sampai pada leher, dan

3) yang terletak dibagian bawah tulang dada. OTOT PEKTOLARIS = otot paling besar pada dada, menutupi sangkar tulang iga dan terkait pada bagian atas lengan. Dipotong atau tidaknya otot itu tergantung pada teknik operasi yang digunakan.

MASTEKTOMI RADIKAL :

Cara operasi pengangkatan payudara berikut otot pektoralis serta kelenjar getah bening bagian luar dada dan ketiak lengan, sebagaimana diuraikan oleh Halsted, 1894, cara operasi yang dahulu paling sering digunakan. Maksud prosedur tersebut adalah untuk mengangkat seluruh jaringan yang mungkin telah di hinggapi sel-sel kanker. Seharusnya prosedur tersebut akan menghentikan penyebaran dari kanker. Kenyataan menunjukkan, bahwa hanya 45 – 50% dari wanita yang kelenjar getah beningnya dinyatakan telah terkena kanker pada saat di biopsi, masih mampu bertahan hidup 5 tahun setelah menjalani mastektomi radikal; 85% dari wanita yang kelenjar getah beningnya dinyatakan tidak terkena kanker pada saat di biopsi masih mampu hidup 5 tahun. Pada saat ini secara keseluruhan baru k.l. 50% penderita kanker payudara dapat disembuhkan dengan cara pengobatan sekarang. Sisanya cepat atau lambat akhirnya penderita akan meninggal karena kanker yang dideritanya itu atau karena penyakit lain. Sebelum mengakhiri hidupnya, penderita sampai pada keadaan yang disebut terminal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *