Meskipun ketak-pastian menyelimuti penyebabnya, hipertensi bisa dicegah dengan obat-obatan tradisional

Disebabkan oleh alasan-alasan yang belum diketahui, anak-anak yang lebih tua dalam keluarga-keluarga besar cenderung mendapatkan tekanan darah yang lebih tinggi dibanding dengan saudara-saudaranya yang lebih muda. Tapi, bahkanpun orang-orang yang secara keturunan mudah terserang hipertensi pisa sepenuhnya menghindari penyakit ini dengan mengatur menu obat herbal kencing manis. Begitu menu mewah semakin meluas, penderita diabetes juga meningkat pesat. Di negara-negara miskin, diabetes nampaknya terutama merupakan penyakit kota di negara-negara kaya, ia sekaligus menyerang orang kota dan orang desa.

tanamanDi Amerika Serikat pada tahun 1900, diabetes sebagai penyebab kematian berada pada urutan keduapuluh sembilan. Pada pertengahan tahun 1970-an, ia telah meningkat ke urutan kelima. Menurut Komisi Diabetes Nasional, jumlah kasus yang dilaporkan di Amerika Serikat melonjak 50 persen dari 1965 hingga 1973. Kalau umur penyakit jantung, penyakit peredaran darah, penyakit ginjal dan sekian kemungkinan komplikasi fatal dari diabetes ditambahkan pada korban tahunannya, diabetes tampil sebagai pembunuh urutan ketiga, dan hanya dikalahkan oleh penyakit kardiovaskular dan kanker. Di Amerika Serikat, Kerajaan Inggris dan di tempat-tempat lain, penyakit tersebut juga merupakan penyebab utama dari kebutaan. Penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan penduduk kota yang kaya di India untuk menderita diabetes adalah dua kali lipat daripada rekan-rekannya yang berdiam di pedesaan. Arah gejala yang sama dalam kalangan mereka yang baru saja dirasuk oleh kedokteran di Dakar, Senegal.

Jumlah penderita diabetes pada klinik-klinik di Dakar meningkat dari duapuluh satu di tahun 1965 menjadi 963 di tahun 1970. Banyak orang menganggap diabetes sebagai penyakit anak kecil yang sudah bisa dijinakkan dengan penggunaan insulin. Sesungguhnya, insulin telah memperpanjang hidup para remaja yang menderita diabetes, akan tetapi ketersediaannya tidaklah mencegah meningkatnya korban dari apa yang disebut jenis penyakit “serangan kematangan” (“maturity-onset”) secara luar biasa. Penderita diabetes di kalangan remaja biasanya mempunyai tingkat insulin yang demikian rendah sehingga mereka tak akan bisa bertahan hidup tanpa suntikan jenis hormon ini dengan teratur. Akan tetapi penderita diabetes serangan kematangan ada kalanya hanya punya sedikit kekurangan, dan tingkat-tingkat insulin mereka sangat dipengaruhi oleh jumlah dan jenis makanan yang mereka makan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *