MENGUJI OTOT-OTOT LENGAN BAWAH DAN ATAS

Pemeriksaan rutin adalah cukup, apabila otot2 lengan bawah dan atas tersebut di bawah ini diuji kekuatannya: (a) m. biseps brakhii clan m. bra_ khialis (C.5 C.6), (b) m. brakhioradialis (C.5 C.6) dan (c) m. triseps brakhii (c.6 c.8 T-1). Teknik menguji kekuatan otot2 itu ialah sebagai berikut:

  1. Biseps brakhii dan M. Brakhialis:

Pasien diminta untuk menekuk lengannya pada sendi siku.Si pemeriksa menahan pergerakan ini dengan jalan menarik pada pergelangan tangarr pasien.

  1. Brakhioradialis:

Lengan pasien dipronasikan sedikit sehingga ibu jarinya menunjuk ke atas, kemudian pasien diminta untuk menekukkan lengannya pada sendi siku. Si pemeriksa menahan pergerakan itu dengan menempatkan tenaganya di pergelangan tangan pasien

  1. Triseps brakhii:

Lengan pasien difleksikan kemudian pasien diminta untuk meluruskan kembali lengannya. Sementara itu si pemeriksa menahan pergerakan tersebut dengan jalan menekan pada bagiarr dorsal dari pergelangan tangan pasien.

MENGUJI OTOT2 TANGAN

Pergerakan tangan beserta jari2nya adalah kompleks. Test2 untuk menilai kekuatan otot2 yang melakukan pergerakan itu dapat disederhanakan dengan jalan menguji ototz tersebut dibawah ini: (a) otot2 fleksor tangan, ialah m. fleksor karpi radialis (C.6 C 7), m. fleksor karpi ulnaris (C.8 T.i) dan m. palmaris longus (C.6), (b) otot2 ekstensor tangan, ialah m. ekstensor karpi radialis lorrgus (C’6 C.7), m. ekstensor karpi ulnaris (C.6 C.8) dan ekstensor digitorum komunis (C.6 C.B), (c) m. fleksor digitorum sublimis (C.7 T.1), (d) m. fleksor digitorum profundus (C.7 T.1), (e) mminterosei volares (C.8 T.1), (f) mm. interosei dorsales (C.8 T.1), (g) ototZ abduktor ibu jari tangan ialah: M. abduktor polisis brevis (C.6 C.8), m. abduktor polisis longus (C.6 C.8), m. fleksor polisis brevis (C.6 C.7) dan m. oponens polisis (C.6 C.7), (h) otot2 aduktor ibu jari tangan ialah maduktor polisis (C.8 T.1) dan m. ekstensor polisis longus (C.6 C.8).

Metoda untuk menilai kekuatan otot2 tersebut di atas ialah sebagai berikut: Otot2 fleksor tangan: Pasien disuruh mengepalkan tangannya dan melakukan fleksi pada pergelangan tangan. Si pemeriksarmenarik pada tiniu pasien untuk meluruskan tangannya dan pasien diminta supaya mempertahankan tangan dalam sikap semula. Informasi mengenai obat kencing manis yang sudah direkomendasikan ribuan ahli kesehatan dunia dan terbukti sangat efektif hanya ada di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *