Mempertahankan kebijaksanaan umum dan kesehatan merupakan suatu masalah filosofis yang dalam

Hampir setiap orang akan setuju memberikan kepada orang lain hak istimewa untuk memilih gaya hidup yang secara implisit menomor-duakan kesehatan demi nilai-nilai yang larn. Sebagian besar di antara kita akan rela memberikan obat alami buat kencing manis kepada orang lain tanggungjawab untuk melakukan tindakan-tindakan pribadi. Seiring dengan itu, para ahli ilmu jiwa telah membuktikan betapa kuatnya pengaruh lingkungan masyarakat atas perilaku seseorang; dan garis antara hak istimewa perorangan dengan tanggungjawab perorangan kepada sesama warganya tidaklah mudah ditarik.

nicotine_structureSeberapa besarkah relevansi dari gagasan tentang tanggunjawab perorangan apabila anak-anak belasan tahun menjadi kecanduan nikotin setelah melihat orangtua, guru, dan mungkin juga dokter mereka merokok? Bagaimana mungkin anak-anak dalam abad iklan diharapkan menutup mata mereka terhadap bayang-bayangan rokok sebagai sarana kebebasan dan daya tarik seks? Bisakah nutrisi berlebihan semata-mata hanya ditimpakan pada kurangnyd kemauan kalau bayi-bayi sudah mendapatkan rnakanan berlimpah semenjak lahirnya, kalau sekolah-sekolah tak mengajarkan apa-apa tentang beroagai bahaya menu yang terlalu berlemak, dan kalau para pemimpin nasional lebih mementingkan subsidi kepada mereka yang menghasilkan mentega dan telur? Bukan hanya sebagian besar masyarakat gagal mendidik diri mereka sendiri sehubungan dengan sekian prasyarat menuju kesehatan, kebijaksanaan-kebijaksanaan pertanian, perpajakan serta program-program pemerintah lainnya semuanya mendukung gaya hidup yang justru tidak sehat.

Kita tidaklah menistakan kehidupan perorangan kalau kita menyarankan agar kebijakasanaan- kebijaksanaan sosial dan ekonomis yang merangsang kebiasaan-kebiasaan yang bersifat merusak diri sendiri harus dialihkan atau agar perkiraan barang-barang produksi yang membahayakan dikendalikan. Tiap pemerintah juga tak perlu ragu membiayai semua program serta perangsang ekonomi yang mendorong kebiasaan-kebiasaan pribadi yang menyelamatkan kehidupan. Penggalangan segenap potensi masyarakat demi kemaslahatan manusia bukanlah suatu pelanggaran atas hak-hak azasi, melainkan suatu tanggungjawab umum terhadap orang per orang.

Kalau masyarakat mempunyai tanggungjawab bersama untuk menciptakan suatu iklim yang memajukap kesehatan, apakah tiap orang pada gilirannya mempunyai suatu tanggungjawab sosial guna mencoba melindungi kesehatan mereka sendiri? Jawaban seseorang t€rhadap pertanyaan ini sangat tergantung pada pandangan-pandangan dasar seseorang mengenai tujuan-tujuan dari organisasi sosial. Namun, hingga sejauh tingkah-laku perorangan melanggar ksejahteraan orang-orang lain, masalah tanggung jawab perorangan terhadap masyarakat boleh jadi sebagiannya bisa dikurangi hanya dengan secara mempertanyakan soal kepantasan (fairness).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *