Kelainan-kelainan yang berhubungan dengan alergi

penyakit-fluKarena bakteri seperti kavitasi, perkijuan, dan toksemia umum pada penderitapenderiti tuberkulosa dan kelainan granulasi yang ditemukan pada penderita-penderita lepra bentuk tuberkuloid, mungkin merupakan perkembangan lebih lanjut dari keadaan hipersensitivitas perantaraan sel terhadap hasil-hasil kuman. Bintik-bintik merah pada kulit penderita cacar, campak, dan kelainan-kelainan pada herpes simpleks agaknya juga telah dihubungkan dengan reaksi tipe lambat terhadap virus. Hipersensitivitas perantaraan sel irg. telah diperlihatkan obat alami untuk kencing manis kering pada penyakit-penyakit jamur misalnya candidiasis, dermatomycosis, coccidioidomycosis, dan histoplasmosis, juga pada penyakit-penyakit karena protozoa seperti leishmaniasis dan schistosomiasis yang secara patologi dikaitkan dengan reaksi terhadap enrim-enzim yang berasal dari telur-telur yang tersangkut pada kapiler-kapiler hati. Kaitannya dengan kekebalan perantaraan sel diuraikan pada bab berikut ini.

Dermatitis kontak

Inokulasi (penyuntikan) melalui kulit, cendgrung untuk merangsang perkembangan reaksi sel-T dan reaksi-reaksi tipe lambat yang sering kali disebabkan oleh benda-benda asing yang dapat mengadakan ikatan dengan unsur-unsur tubuh untuk membentuk antigen-antigen baru. Oleh karena itu, hipersensitivitas kontak dapat terjadi pada orang-orang yang menjadi peka karena pekerjaan yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia seperti pikril klorida dan kromat, atau pada orang yang berulang-ulang bersentuhan dengan zat urusbior yang berasal dari semacam tumbuhan menjalar beiacun. p-fenilen diamina pada cat rambut terrenru, neomisin pada salep-saiep kulit, dan garam-garam nikel yang terbentuk dari benda-benda seperti bretel-bretel nikel dapat merangsang reaksi-reaksi serupa.

Contoh-contoh lain

Hipersensitivitas lambat secara nyata mendukung reaksi berkepanjangan yang .timbul karena gigitan serangga. Kemungkinan terlibatnya reaksi penolakan homograf oleh sel-sel-T sebagai satu cara pengendalian sel-sel kanker dibicarakan dalam Bab 8. peranan hipersensitivitas perantaraan sel pada penyakit otoimun sampai sekarang belum begitu jelas (bandingkan dengan hal. 327). Pengobatan simtomatik dengan menggunakan mediator antagonis atau zat yang memelihara cAMP intraselular dan dengan demikian membuat granula-granula mastosit stabil. Penyuntikan antigen berangkai mungkin menyebabkan desensitisasi melalui pembentukan IgG penghambat atau antibodi IgA atau dengan menghentikan produksi IgE. Pembunuhan langsung sel-sel target oleh sel-sel-T dengan menggunakan reseptor-reseptor endogen dikenal tidak dihambat oleh serum antirantai pendek tidak seperti sitotoksisitas sel-K.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *