Berdasarkan permintaan UNICEF, penelitian-penelitian menu di India tahun 1974 yang tidak diterbitkan

Mengungkapkan keadaan menu yang menyedihkan dari lebih dari sepertiga penduduk India. Sekitar 224 juta dari 600 juta penduduk India mengkonsumsi kurang dari tiga-perempat kalori yang mereka butuhkan, sementara lima puluh tiga juta di antaranya mengkonsumsi kurang dari separoh dari kebutuhan-kebutuhan energi minimum mereka setiap hari. Satu generasi sebelumnya, Tiongkok juga bergumul dengan obat tradisional untuk kencing manis nutrisi rendah serta kelaparan. Namun tak satu-pun dari ratusan peneliti, wartawan, dan dokter yang mengunjungi Tiongkok dalam tahun-tahun terakhir yang melaporkan adanya tanda-tanda klinis dari nutrisi rendah yang pernah menghancurkan kehidupan di Tiongkok.

makanan-rendah-kaloriTiongkok belum sampai menekan nutrisi rendah dengan menciptakan kenaikan nasionar yang besar dalam produksi makanan per kapita, akan tetapi ia berhasil dalam membagikan makanan secara lebih merata. Afrika belum lagi menghadapi gawatnya masalah kepadatan penduduk yang terlihat di sebagian Asia seperti pulau Jawa atau Bangladesh. Akan tetapi karena kemiskinan yang tak teratasi mempunyai sifat endemis karena teknik-teknik pertanian modern jarang digunakan, dan karena potensi dari daerah-daerah luas amat terbatas, nutrisi rendah cukup merata di sana. Musim kering yang panjang baru-baru ini di wilayah Sahelia, tepat di sebelah selatan Sahara, membuat dunia tiba-tiba tersadar akan ancaman berkala yang mengintai banyak penduduk Afrika. Namun, puluhan juta penduduk lainnya secara diam-diam bertarung dengan kekurangan-kekurangan pangan yang sifatnya kronis. Sekitar 30 persen dari anak-anak Afrika sub-Sahara, demikian menurut Organasasi Kesehatan Sedunia, tidak mendapatkan bahan-bahan nutrisi yang mereka butuhkan. Empat persen selebihnya menderita nutrisi rendah yang parah dan langsung mengancam hidup.

Rata-rata pendapatan perorangan di sebagian besar Amerika Latin jauh lebih tinggi daripada sebagian besar penduduk di Asia dan Afrika. Namun, kesenjangan-kesenjangan yang drastis dalam pendapatan serta dalam pembagian tanah peranian telah membuat nutrisi rendah meluas diantara si miskin. Menurut organisasi Kesehatan se Amerika (P.A.H.O), sekitar 10 hingga 30 persen dari anak-anak di sebagian besar negara-negara Amerika Latin setidak-tidaknya menderita nutrisi rendah yang ringan. Berbagai kekurangan nutrisi sangat umum di Brazilia lftara, Pegunungan Andes, sebagian Amerika Tengah dan Karibia, termasuk di tempat-tempat lain di mana eksploitasi ekonomis dan kemiskinan paling berat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *